Mars


Sampai saat ini saya adalah orang yang tidak percaya proyek hijrah manusia ke planet lain. - @greymoonfolks

Beberapa hari belakangan lini masa saya berisi tentang berita rencana Elon Musk untuk membuat kota di Mars. Tidak tanggung - tanggung, tahun 2026 ia mulai mengirimkan orang ke sana. Lantas muncul pertanyaan dalam kepala saya, buat apa?

Bukannya saya tidak percaya dengan perkembangan teknologi, tapi apa iya nanti suatu saat manusia pada ninggalin Bumi dan hidup di Planet lain ataupun di Pesawat Ruang angkasa seperti di film - film? 
Mungkin aja sih.  

Walaupun begitu, Planet yang kita tinggali saat ini saya pikir sudah sangat sempurna. Ngapain susah susah pindah ke tempat lain yang kondisinya lebih buruk dari sini. Coba kita bayangkan bila kita tinggal di Mars.

1. Oksigen 


Apa di Mars ada Oksigen? Kalau untuk hal mendasar seperti ini aja nggak ada gimana mau hidup tenang. Bisa aja dibuat. Oke, tapi seberapa banyak? seberapa cukup? gratis atau ada biaya maintenace yang harus dibayar untuk mendapatkan oksigen.

2. Air


Semua makhluk hidup perlu air. Di Mars ada sumur aer nggak?. Yah gimana mau hidup kalau air aja nggak ada. Sama seperti di atas, air buatan nggak bakalan melimpah seperti di Bumi.

3. Makanan


Di Bumi, mau makan tumbuh - tumbuhan, hewan, ikan, semua masih banyak dan berterusan. Apa yang tersedia di Mars? Nothing. Mau makan apa? Kapsul spirulina?

Sebenarnya masih banyak hal yang membuat Mars ataupun planet lainnya belum layak untuk menggantikan Bumi. Tiga hal dasar di atas harus ada minimal sebagai syarat utama. 

Mau import dari Bumi? ya bisa aja. tapi costnya berapa? Buat beda pulau aja harga beda jauh, nah ini beda planet. Yang ada nggak sebanding cost sama harga barangnya. Terakhir, siapa yang bisa menikmati? yang punya uang.

Lagian, kalau di Bumi mau jalan kemana aja enak. Gunung, pantai, main ski, ngebolang di padang pasir, ataupun berburu ikan bareng beruang kutub, sah sah aja. Pemandangan juga indah di mata. Lah di Mars mau jalan kemana? 

Meninggalkan Bumi


Hal ikhwal pijakan kenapa manusia pindah ke planet lain adalah Bumi sudah tidak bisa lagi ditinggali manusia. Entah itu karena pencemaran yang sudah akut, wabah, perang nuklir, atau apapun itu. Sehingga manusia harus pindah.

Namun seburuk - buruknya kondisi bumi, ia masih memberikan kelimpahan kepada kita. Ia tau cara menyembukan diri dengan caranya sendiri. Sudah berlangsung jutaan tahun lamanya ia berevolusi.

Dan seperti hidup dalam rumah yang sama, manusia pun akan berusaha memperbaikinya saat ia akan runtuh. 

Semoga saja tidak terlambat.

Kalau disuruh milih antara hidup di Bumi atau di Mars, kamu team apa?

4 comments:

hira said...

Tim bumi :D
Mungkin klo tinggal di mars untuk penelitian masih mungkin tapi klo untuk hijrah masih tanda tanya

Grey said...

Tos!
Tapi kapan ya kita bisa diundang jadi peneliti ke Mars? Wkwkwkwk XD

Bening Pertiwi said...

tim piknik aja ke mars

Grey said...

hayuuuk lah kalo gitu :D