Koding



Maaf beberapa waktu belakangan tidak update blog. Bukan hanya update, blogwalking, ngebolang di forum juga tidak saya lakukan. 


Sibuk sih nggak, cuma ada beberapa hal yang membuat saya harus bolak balik antar daerah dan kecamatan, lol. Dan satu lagi, saya sedang ikut pelatihan html, css dan javascript di salah satu platform pelatihan pemograman, Progate.


Awalnya dari dulu saya memang ingin belajar tentang hal ini. Biasanya saya suka sekali ngotak - ngatik tampilan blog, tapi cuma sekedar editing sih, nggak develop dari awal. Nah makanya pengen belajar cara buat tampilan web dari scratch, a.k.a membuat kode htmlnya dari awal.


Kebetulan, ada program pelatihan gratis dari Kominfo yang saya lihat bersliweran di instagram. Ada beberapa program pelatihan, seperti Data Analyst, Data Engineer, CCNA, Cloud, Network Security, Android Dev dan Web HTML CSS Javascript.


Saya pilih yang terakhir, yang sesuai dengan apa yang saya ingin pelajari. Saya sebut ini keberuntungan. hehe. Saya ikut daftar, ikut tes awal, dan akhirnya keterima bersama ribuan orang lainnya yang ikut program Kominfo ini.


Jadi, pelatihan ini online. Kominfo bekerjasama dengan beberapa platform digital pelatihan pemrograman untuk melaksanakan pelatihan. Kita dikasih semacam voucher untuk gratis mengaskses pelatihan yang ada di platform tersebut.


Proses Pelatihan


Pembelajaran materi sepenuhnya mandiri. Setiap orang bebas menentukan waktu belajarnya sendiri. Tiap materi ada soal latihan yang menandakan kita telah selesai atau belum. Dan kita diberi tenggat waktu untuk menyelesaikan semua materi sampai program ini berakhir, yaitu 1 bulan.


Latar belakang orang yang ikut program ini bermacam macam. Ada yang dari punya dasar pemograman sama yang tidak sama sekali. jadi progress masing - masing berbeda. Saya yang punya pengalaman editing blog, ya bisa dikatakan pelatihan ini cukup menantang. Susah juga, haha.


Dari yang cuma tulisan berubah menjadi tampilan web seperti yang kita inginkan. Luar biasa sih, kita nulis dari awal hingga bisa jadi tampilan di browser. Kesulitannya ada di syntax, kode yang harus kita pahami. Belum lagi error - error yang muncul. Fuh!.


Proyek Kelompok 


Di program ini kami diberikan tugas untuk mengerjakan proyek secara berkelompok. Proyeknya adalah membuat web. Terserah temanya apa dan bentuknya gimana, yang penting memenuhi spesifikasi yang diberikan.


Tujuannya adalah kita bisa berkolaborasi antar teman dalam mengerjakan proyek. Memang di dunia digital seperti ini kolaborasi sangat diperlukan. Nggak ada yang mau ngerjain semuanya sendiri. 


Grup kami yang cukup lambat terbentuk cuma punya waktu 3 hari untuk mengerjakan proyek ini. Hari pertama meeting mau buat web apa, lalu bagi bagi kerjaan. Dilanjutkan dengan ngumpulin tugas masing - masing di hari ke-3 untuk digabungkan semua.


Saya dapat bagian terakhir, yaitu bagian untuk membuat webnya jadi responsive. Artinya menyelaraskan tampilan web sesuai untuk tablet maupun hp. Karena hal tersebut, saya harus nunggu kode html dari teman - teman untuk digabungkan dan dibuat menjadi responsive.


Setelah digabungkan, hasilnya, 


Berantakan XD




Bisa dilihat live previewnya di sini -> Link


Secara tugas sih sudah memenuhi unsur brief yang diberikan. Tapi secara estetika, belum enak dimata. Sekilas jiwa seni saya memberontak dengan ini, dan saya tidak kuat menahannya. Saya minta izin ke teman teman untuk sekalian merapikan tampilan web kami. Untungnya mereka semua setuju.


Dengan sentuhan jari jemari saya, akhirnya tampilan webnya menjadi seperti ini




Live preview disini --> Link


Dari proyek ini saya baru paham arti kolaborasi dari suatu proyek. Bukan hanya bagi - bagi tugas lalu selesai. Tapi harus dimulai dari tahap pemahaman, runtut pengerjaan, manajemen waktu, komunikasi yang nggak bisa instan. Perlu jam terbang.


Itu saja buat cerita hari ini.

Hari yang cerah.

3 comments:

hira said...

Tapi yg namanya kolaborasi itu g mudah.
Apalagi klo sm2 kepala batu, yg ada mlh salah2an #pernahkejadian

Ini 3 hari tp langsung kompak. Seneng to bisa kolab dgn orang baru :D

@greymoonfolks said...

Hahaha,
Ada ya kepala batu, bahaya kalo dia nyeruduk nyeruduk :D

Gimana nggak kompak, udah mepet deadline,
Jadi harus bersatu padu, hehe

Ristra Russilahiba said...

Wah, ini juga materi yang sebenernya aku pengin banget buat pelajari, terutama bikin template blog sendiri. 'Kan kece gitu seumpama bisa pakai hasil karya sendiri di blog sendiri, hehehehe, cuma sampai sekarang masih belum keturutan! Eh, tapi begitu baca postingan ini jadi tergoda lagi buat belajar. Mudah-mudahan bisa kesampaian niatnya dalam waktu dekat. Betewe, begitu dapat sentuhan jari-jemari Grey, tampilan website-nya jadi cuantik buanget! Kalau boleh tau, dapat inspirasinya dari mana?