Ribut ribut apa sih? Owh, McD lagi adain pasar murah ya? Kok rame amat? Eh bentar, kok yang ngantri mas mas ojol semua? Apa sih yang dibeli?...

BTS Meal, Bukan Cuma Perkara Nugget Ayam



Ribut ribut apa sih? Owh, McD lagi adain pasar murah ya? Kok rame amat? Eh bentar, kok yang ngantri mas mas ojol semua? Apa sih yang dibeli?

Mari kita bahas!


Kolaborasi McD X BTS


Jadi, ternyata mas mas ojol itu bukan ngantri buat sembako ya, tapi lagi beliin pesanan yang lagi hits sekarang ini, yaitu McD BTS Meal.

Ceritanya McD lagi membuat promo menu makanan dengan menggandeng grup KPOP papan atas, BTS. Boy band Korea Selatan ini memang sedang naik daun dengan keberhasilannya meraih berbagai penghargaan prestisius sampai ke negeri paman sam.

Kembali ke McD BTS Meal. Untuk menunya sendiri, paket ini terdiri dari 9 nugget, 1 kentang goreng, 1 minuman dan 2 saus spesial yaitu Saus Sweet Chili dan Saus Cajun yang katanya sih merupakan pilihan langsung oleh member BTS.

Sebagai menu spesial (promo) menu ini di bungkus dengan desain kemasan khusus dengan adanya simbol simbol BTS pada kemasannya. Ditambah ada merchandise lain yang bisa didapatkan dengan ikut program yang disediakan oleh McD.




The Army


Setelah itu, mari kita berkenalan dengan Army. Army bukan tentara beneran ya, namun ini merupakan panggilan buat fandomenya BTS. Sebuah komunitas penggemar, fans, supporter, pencinta serta pemuja BTS. Jumlahnya? Jutaaaaaaaan!

Jangan tanya soal kualitas mental die hard mereka. Kalau ikut istilah disini sih, "senggol, bacok!", yang berarti mereka rela mengorbankan jiwa dan raga mereka demi idola mereka. Hal yang juga menandakan betapa kerasnya dunia antar per-fandome-an yang kita nggak ketahui selama ini.

Kekuatan mereka cukup besar dalam mendukung idola mereka ini. Mulai dari "perang" beli tiket konser, perburuan merchandise, sampai rutinitas membuat trending topik di media sosial. Satu hal yang perlu diingat, jangan buat masalah sama mereka. 


Hype Yang Tak Bisa Dihindari.


Strategi marketing McD kali ini saya lihat cukup menarik. Menggandeng BTS yang memiliki jutaan fandome fanatik yang rela melakukan apa saja untuk idola mereka. Sejauh yang saya lihat belum ada brand makanan cepat saji serupa melakukan hal yang sama. Atau mungkin saja pernah ada namun saya yang terlewat.

Tapi ini BTS.

Benar saja, hari pertama peluncuran menu McD BTS Meal di Indonesia kemarin membuat McD berpenuh sesak dengan kang ojol. Bahkan sampai ada yang ricuh dan disegel aparat. Menjadi masalah karena kita masih dalam suasana lebaran pandemi.

Memang, kebijakan McD paket ini hanya untuk take away, drive thru dan pemesanan online via Mc Delivery dan Ojek online. Namun apa daya, para Army yang ibarat menunggu buka setelah seharian berpuasa memesan pada waktu yang bersamaan menyebabkan kerumunan yang membludak.

Padahal infonya program ini berlangsung sampai awal juli nanti. Tapi namanya manusia pasti nggak sabaran, apalagi ada tertulis "persediaan terbatas" yang malah bikin orang makin kalap. Kalau kehabisan gimana?

Kalau ditanya apa sih yang bikin mereka begitu? Ya nggak bakalan logis. Apa karena mereka suka banget sama nugget McD, ya nggak juga. Efek emosional terhadap idola mungkin menjadi salah satu faktor terbesar kenapa hal ini bisa terjadi. 

Bahkan keterangan yang dikutip dari beberapa Army, mereka cuma mau bungkusnya untuk disimpan di rumah sebagai merchandise. Sampai segitunya. Aku tu nggak tau harus berkata apa lagi :(

McD sepertinya juga tidak begitu siap dengan kondisi yang muncul saat ini. Hype yang terjadi diluar prediksi mereka. Beberapa outlet di tutup paksa sementara dan didenda karena menyebabkan kerumunan di masa pandemi. 

Para Ojek online juga terkena imbasnya. Ngantri ber jam jam untuk satu pesanan doang. Sudah bersesak ria, lelah, mungkin juga jadi emosi.

Semua terjadi karena mereka semua tidak mengetahui kekuatan Army sesungguhnya.



 

Image : McDonald's

3 comments:

  1. Blognya dah rapi yah wak... Serapi kek baju baru digosok. #keset

    ReplyDelete
  2. Ya gimana ya,
    udah bakat,

    xoxox

    ReplyDelete
  3. Dan akupun baru ngeh ketika nugget ini Sdh viral#duhkudetpoll

    Emang sih, klo Sdh ngikut fandom gituan, apa aja dibeli meski antri

    ReplyDelete